Kota Batik Pekalongan

Jalan-jalan ke kota batik Pekalongan. Berangkat dari Jakarta ke Pekalongan naik Kereta (ekonomi, bisnis dan eksekutif)  Tawang Jaya jurusan Pasar Senen-Semarang Poncol. Berangkat dari Pasar Senen sekitar pukul setengah sepuluh malam. Sampai di Pekalongan sekitar pukul 5 dan langsung mencari Hotel Hayam Wuruk di  Jalan Hayam Wuruk dan pilih kamar yang “ekonomis” bertarif Rp 50.000 per malam. Tempatnya cukup strategis karena kita tinggal jalan kaki kalau mau ke alun-alun atau ke Pusat Kota Pekalongan. Dengan fasilitas TV, kamar untuk 2 orang plus kamar mandi dalam.

Setelah breakfast kami pergi ke Pusat Grosir Batik di Pekalongan tepatnya di Pasar Sentono. Pasar ini terletak di pinggir Jalan raya di Pekalongan. Di sini batiknya bagus-bagus dan murah tapi harus pandai-pandai untuk menawar.

Besoknya, kami melanjutkan  pergi ke Kampung Kauman. Kampung ini merupakan sentra pembuatan batik di Pekalongan. Di sini banyak ditemui para pengrajin batik baik itu secara tradisional maupun sudah menggunakan alat modern. Di sini juga banyak ditemui butik-butik penjual batik.