Jalan ke Pekalongan

Kota Pekalongan merupakan kota yang sangat strategis karena berada di jalur pantura, sehingga banyak orang yang melaluinya.

Kota Pekalongan mempunyai potensi wisata yang sangat besar. Potensi wisata yang terdapat di Kota Pekalongan meliputi wisata belanja, wisata alam, wisata budaya maupun wisata kuliner. Wisata belanja di Kota Pekalongan sangat beragam dan akan sangat memanjakan bagi para wisatawan yang akan berbelanja produk-produk batik dan kain tradisional baik yang berupa baju, busana wanita, busana pria, busana santai dan sebagainya. Wisata alam yang ada di Kota Pekalongan berupa pantai dan keindahan laut di pesisir utara pulau jawa. Wisata budaya yang ditawarkan berupa tradisi dan adat istiadat serta keunikan khas yang ada di Kota Pekalongan. Sedangkan wisata kuliner yang terdapat di Pekalongan berupa makanan dan jajanan khas Pekalongan yang tidak bisa ditemukan di tempat-tempat yang lain.


Kondisi saat ini, banyak wisatawan yang sengaja datang jauh-jauh ke Kota Pekalongan untuk berwisata namun tidak mendapatkan informasi yang cukup mengenai potensi dan peta pariwisata yang terdapat di Kota Pekalongan sehingga potensi wisata yang ada di Kota Pekalongan terasa sepi dan belum dikenal oleh banyak orang.

Hal ini disebabkan belum adanya sistem informasi yang bisa memberikan informasi mengenai peta pariwisata di Kota Pekalongan. Diharapkan dengan dibangunnya sistem informasi mengenai peta pariwisata di Kota Pekalongan akan memudahkan bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Pekalongan untuk

mendapatkan informasi tentang peta pariwisata, tempat-tempat perbelanjaan, hotel dan penginapan serta rumah makan yang ada di Kota Pekalongan. .



Pantai Pasir Kencana
Lokasi: Panjang, Pekalongan
Obyek Wisata Pantai Pasir Kencana merupakan Obyek Wisata Utama yang dimiliki Pemerintah Kota Pekalongan. Terletak berbatasan dengan Tempat Pelelangan Ikan atau Pelabuhan Perikanan Nusantara di Pantai Utara Jawa, dengan jarak tempuh 4,5 Km dari kota / stasiun kereta api, luas lahan pantai ini adalah 3,5 Ha. Obyek Wisata yang dikelola oleh Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pekalongan, ini dibuka untuk umum dari jam 06.00 wib – 21.00 wib. Fasilitas yang tersedia adalah mainan anak-anak dan taman bermain, panggung terbuka, kandang satwa, bangku dan taman untuk bersantai, warung makan, toilet dan lahan parkir. Obyek Wisata lain yang ada disekitar Pantai Pasir Kencana adalah adanya Krematorium, Pura dan tambak-tambak ikan serta Aquarium Ikan Laut yang ada di Pelabuhan Perikanan. Disini pengunjung dapat bersantai sambil menyaksikan matahari terbit / terbenam, aktivitas nelayan dan perahunya, bermain di taman, memancing, olah raga pantai atau sekedar menghirup udara pantai yang segar. Pengunjung biasanya paling banyak datang pada hari Minggu / Libur dan hari Jum’at pagi. Setiap pengunjung wajib membayar tiket masuk dengan harga sebesar Rp. 1.100,00 (hari biasa) ; Rp. 1.600,00 (hari Munggu/Libur) dan Rp. 2.100,00 (Malam Minggu) serta untuk semua tiket sudah termasuk Asuransi.



Slamaran Indah
Lokasi: Slamaran
Obyek wisata Slamaran Indah merupakan daerah pesisir yang bisa memberikan rasa sejuk dan nyaman. Daerah ini legendanya memiliki “penunggu”, yaitu Dewi Lanjar sebagai Ratu Pantai Utara. Konon Dewi Lanjar sering menampakkan diri dengan paras yang cantik jelita tiada bandingan. Pantai Slamaran Indah terletak di sebelah timur Pantai Pasir Kencana, dibatasi oleh muara Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan, dapat dicapai lewat muara pelabuhan dengan perahu pesiar dan lewat jalur darat dengan menggunakan angkutan umum sekitar 5 Km dari pusat kota atau terminal bus Kota Pekalongan. Sebagai daerah wisata, Pantai Slamaran memiliki pemandangan yang sangat indah, udara yang segar dan dapat pula disaksikan terbit dan terbenamnya matahari sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.



Pemandian Air Panas “Tirta Bumi”
Lokasi: Pemandian Air Panas Tirta
Pemandian air panas “Tirta Bumi” merupakan sumber air mineral yang dapat mengobati rematik, gatal – gatal dan bermacam – macam penyakit lainnya. yang terletak di jalur utama Semarang – Pekalongan, kira-kira 2,5 Km dari stasiun kereta api dan 1 Km dari terminal bus Kota Pekalongan. Obyek Wisata ini menawarkan tempat mandi air panas yang alami, mengandung belerang dan sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, terutama penyakit kulit dan reumathik, Harga tiket ——–Rp. 2.500,00.



Wisata Bahari
Lokasi: Dekat Pantai Pasir Kencan
Obyek Wisata Bahari merupakan Obyek Wisata yang dimiliki Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan. Terletak berbatasan dengan obyek wisata Pantai Pasir Kencana, dengan jarak tempuh 4,5 Km dari kota / stasiun kereta api. Obyek Wisata yang dikelola oleh Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan, ini dibuka untuk umum dari jam 06.00 wib – 21.00 wib. Fasilitas yang tersedia adalah taman bermain, Akuarium, bangku dan taman untuk bersantai, toilet dan lahan parkir. Obyek Wisata lain yang ada disekitar Pantai Pasir Kencana adalah adanya Krematorium, Pura dan tambak-tambak ikan serta Aquarium Ikan Laut yang ada di Pelabuhan Perikanan. Disini pengunjung dapat bersantai sambil menyaksikan matahari terbit / terbenam, aktivitas nelayan dan perahunya, bermain di taman, memancing, olah raga pantai atau sekedar menghirup udara pantai yang segar. Pengunjung biasanya paling banyak datang pada hari Minggu / Libur dan hari Jum’at


Pekalongan - Wonosobo sekitar 2 jam-an. Penginapan yg cukup bersih ada Hotel Nirwana, Jayadipa. Kedua hotel tersebut terletak tidak jauh dari Pasar Grosir Setono, pusat perkulakan batik di Pekalongan yang cukup ramai. Akses ke pasar grosir tersebut tidak terlalu susah dari kedua hotel itu, hanya cukup naik angkutan jurusan Batang persis di depan hotel. sekitar 5-10 menit sudah sampai Pasar yang dimaksud… Akses ke Terminal Pekalongan juga tidak terlalu jauh dari kedua hotel tersebut
Dari Pekalongan ke Wonosobo sih kurang lebih sekitar 1 jam, trus ke Pasar Sentono itu di jalan kearah Semarang, dipinggir jalan. besar kok. Sama seperti Bringharjo di Jogja ato Pasar Klewer di Solo. Klo mo  naek angkot, banyak kok yang lewat sana. 

kalo mo nginep di pusat kota pekalongan ada 2 hotel yg cukup bersih :

1. Hotel Gajah Mada
Jl. Gajah Mada 11 Telp.0285-422185

2. Hotel Hayam Wuruk
Jl. Hayam Wuruk Telp.0285-422283
(Hotel Hayam Wuruk berada persis di depan stasiun pekalongan, jd kl naik
kereta tinggal nyebrang aja..)

jgn lupa
mampir ke warung soto kebo di Pasar Sayun yg udah terkenal seantero pekalongan
trus ada Sego Megono (kaya Urap Sayur, tp yg diurap bkn sayur melainkan nangka
muda....)


Wah klo Batik di Pekalongan emang banyak Bgt.
tinggal datang aja di grosir2nya....
banyak kok dan kebanyakan di pinggir jalan Pantura...
Akses untuk ke Pekalongan dari JKT Lumayan banyak :
Naik Bis (Sinar Jaya, Dewi Sri dll)
Naik Kereta (Mau Eksekutif, Bisnis ampe Ekonomi yang lewat Pantura pasti berhenti di stasiun Pekalongan)
Travel Juga Banyak..Yang belom ada mah Pesawat..

Objek Wisata di Pekalongan biasa aja
-Pantai => Pekalongan daerah Utara
-Pegunungan => Pekalongan daerah Selatan (kebun teh+hutan pinus n Karet)
-Museum Batik
oya yg khas dari pekalongan itu makanannya boz..
1. Nasi Megono (asli Pekalongan)
2. Taoto
coba aja, pasti ketagihan


Inilah transportasi utama kota ini ... :). Yang repot kemana-mana minimal 5 ribu rupiah. Kami berlima dalam satu hari menghabiskan lebih 100 ribu rupiah untuk transportasi. Lebih murah nyewa mobil kali ya ... apalagi tukang becaknya lihat, wah ini turis lokal, harganya langsung naik 2x lipat ... :(




Terakhir, meski batiknya murah. Tapi kok rasanya biaya makan dan transportasi sudah mirip Jakarta ... sayang juga. Atau mungkin pengamatan semalam tidak cukup? Mungkin saja .... harus ke Pekalongan lagi dong ... :)